Menikmati Keasrian Wisata Coban Tangkil, Jabung – Malang

, , Comments Off on Menikmati Keasrian Wisata Coban Tangkil, Jabung – Malang

Setiap akhir pekan ataupun liburan pasti kalian hendak merencanakan kemana kita akan berlibur atau dengan siapa? Semua itu tergantung dari kesepakatan dan rencana kita. Nah,kali ini kita akan bersama mengupas salah satu wisata alam di Malang yang jarang dijamah oleh wisatawan dan masih asri tempatnya. Jika menelusuri pariwisata di malang memang tiada habisnya, banyak wisata disini, seperti wisata gunung, pantai, air terjun, wisata edukasi, sejarah, kuliner, dan masih banyak lagi jika dijabarkan satu persatu. Malang sendiri menjadi salah satu kota wisata sejak dulu karena dikenal memiliki banyak hutan, suasana sejuk, serta berada di dataran tinggi yang membuat Malang masih memiliki wisata alam tersembunyi yang masih asri. Berikut ini adalah salah satu air terjun di Malang yang memiliki keasrian dan kesegaran yang berada di kabupaten malang tepatnya kecamatan kabung, seperti apa coban tersebut? Mari kita simak sama – sama ya :

Tentang Coban Tangkil, Malang

Kali ini air terjun atau coban istilah dari wisatawan kebanyakan adalah Coban Tangkil, coban ini berada di Desa Pandansari lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang yang area nya masi satu Aliran dengan Coban Jahe yang berada di bawah nya. Coban tangkil sendiri masih belum dibuka untuk wisata resmi, ini karena akses jalan yang cukup sulit yakni naik turun bukit dan melewati sungai untuk sampai ke Coban ini. Coban tangkil bisa kita jangkau dengan berjalan kaki. Air terjun dengan ketinggian 100 Meter ini menerjunkan air yang sangat indah jika kalian mengunjungi di musim penghujan, karena di musim kemarau, coban ini memiliki volume air yang kecil, tetapi tidak mengurangi keasyikan untuk menuju coban ini.

Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Coban Tangkil

Nah, untuk lokasi coban tangkil sendiri masih berada satu tempat dengan coban jahe. Jika kalian berangkat berlibur dari kota malang anda ambil arah ke Tumpang untuk menuju ke coban jahe yang berada di jabung. Setalah anda sampai di coban jahe anda langsung bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- dan memarkirkan kendaraan anda disini. Jika anda ingin bersantai atau ingin mengunjungi coban jahe anda bisa istirahat sejenak sambil mengumpulkan tenaga dan perbekalan untuk persiapan menuju coban tangkil. Di coban jahe anda bisa berfoto di taman dekat coban, dan di dekat coban langsung. Setelah selesai istirahat anda bisa memulai perjalanan dengan mengikuti rute yang sudah di sediakan oleh PPH Sukopuro Jabung untuk menuju ke Coban Tangkil, untuk sampai ke coban tangkil sendiri, anda harus kesana dengan orang yang sudah pernah mengunjungi atau menyewa guide lokal atau minta petunjuk ke warga setempat. Ini karena lokasi dari coban tangkil sendiri cukup asri, alami dan berada di tengah hutan untuk sampai. Jalur yang akan anda lalui yakni jalan setapak dengan banyak perkebunan, sungai, naik turun bukit, da terakhir melewati sungai untuk sampai ke aliran terkahir yakni coban tangkil ini. Waktu yang harus anda tempuh kesini sekitar 1 sampai 2 jam jika anda menempuh dari coban jahe. Semua tergantung dari kekuatan fisik masing – masing orang ya,

sesampai di coban anda bisa melihat keindahan coban yang menerjunkan air dari ketinggian 100 meter dan air yang sangat bersih. Anda bisa berfoto, berenang di bawah coban, atau seedar manikmati kesegaran air coban tangkil.

 
Artikel diatas merupakan penjelasan jika kita akan mengunjungi coban tangkil, usahakan pertimbangkan keadaan, kondisi, dan cuaca ya. Karena jika berkunjung ketika hujan akan sangat membahayakan perjalanan anda karena menyusuri sungai. Di malang dan jawa timur sendiri masih banyak sekali coban – coban yang sangat indah, sebut saja coban rondo pujon, coban pelangi, yang berada di malang. Air terjun madakaripura, air terjun Songa Adventure yang berada di Probolinggo, air terjun irenggolo kediri, air terjun tumpak sewu lumajang dan masih banyak lagi air terjun lainnya yang menyimpan kesegaran dan keindahan di Jawa Timur.