Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh atau Touring Motor

, , Comments Off on Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh atau Touring Motor

Sepeda motor adalah kendaraan yang sangat umum dijumpai di Indonesia atau bahkan di Asia. Hampir semua kalangan masyarakat memiliki kendaraan ini. Karena harganya yang terjangkau dan efektif di jalanan Indonesia. Sepeda Motor adalah salah satu alat transportasi sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan Asia.

Namun, apakah anda pernah bepergian dengan jarak tempuh yang lumayan jauh dengan mengendarai sepeda motor? Pasti ada yang pernah melakukan ini. Mudik adalah salah satu budaya masyarakat saat hari lebaran telah tiba, pada saat itu banyak sekali masyarakat bepergian mudik menggunakan sepeda motor ketimbang mobil atau transportasi umum. Alasan masyarakat yang bepergian jauh atau mudik menggunakan sepeda motor pada umumnya adalah karena mengirit pengeluaran dan efisiensi waktu.

Namun, mengingat anda akan bepergian jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor dan akan memerlukan waktu yang sangat lama, maka pada sebelum jauh – jauh hari sebelum berangkat sangat diperlukan persiapan yang matang agar nyaman, aman, dan selamat hingga tujuan. Berikut saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin akan membantu anda sebelum melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor.

1. Memeriksa Kondisi Kendaraan

Jika umur motor anda lebih dari 5 tahun, itu menandakan motor sudah mulai tua. Mengingat usia yang sudah tidak muda lagi, ada kala baiknya jika melakukan service rutin sebelum melakukan perjalanan. Atau anda memiliki dana yang sedikit lebih, anda bisa tune – up dan mencari masalah – masalah yang ada pada motor anda. Anda pasti tidak menginginkan selama perjalanan anda terganggu oleh hal – hal dari motor anda seperti mogok atau yang lain.

2. Mengecek Kelengkapan Sepeda Motor

Mengecek kondisi mesin sepeda motor yang sudah prima tidak akan lengkap jika tidak melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan yang lainnya, seperti : lampu utama, lampu rem, kaca spion, kondisi ban depan dan belakang dan jika sudah mulai gundul maka segeralah ganti, kampas rem depan dan belakang dan sudah mulai aus maka segeralah ganti atau tambah minyak kampas lagi, dan peralatan – peralatan darurat seperti : obeng, kunci busi, tang, kunci – kunci pas. Dan jangan lupa dan jangan juga sampai ketinggalan yaitu surat – surat penting yang mencangkup KTP, SIM, serta STNK, jangan pernah melupakan surat – surat tersebut jika sampai ketinggalan atau lupa bisa terkena tilang di jalan.

3. Kondisi Kesehatan Tubuh

Pada saat jauh sebelum hari keberangkatan, anda harus mempersiapkan fisik yang prima, karena perjalanan yang akan anda tempuh sangatlah jauh, memakan waktu yang berjam – jam, dan kondisi cuaca bisa berubah – ubah yang tidak sesuai dengan perkiraan. Persiapan fisik seperti olahraga rutin, minum vitamin, makan yang sehat, minum air putih yang banyak, dan tentu istirahat yang cukup. Nah, baru kondisi kesehatan anda baru fit dan prima serta siap melakukan perjalanan jauh.

4. Perlengkapan Safety Fisik

Perlengkapan safety yang perlu di persiapkan untuk perjalanan jauh dengan mengendarai sepeda motor seperti kacamata, helm full face (jika memiliki), sepatu yang tingginya diatas mata kaki (jika tidak memiliki bisa memakai sneakers), sarung tangan (jika bisa yang kulit agar gripnya dapat), dan masker untuk motor. Jika anda memiliki perlengkapan yang lebih safety dan sangat diperuntukan motor seperti pelindung kaki dan siku tangan, maka tidak ada salahnya jika anda pakai saja. Pelengkapan tadi dapat menghindarkan atau setidaknya meminimalisir diri sendiri dari bahaya yang tidak anda inginkan terjadi.

5. Barang Bawaan

Perlu di ingat, jika melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor jangan membawa barang bawaan yang banyak. Karena jika membawa barang bawaan yang berlebihan bisa membahayakan diri anda sendiri. Dan perlu di ingat angka kecelakaan di Indonesia masih besar dan itu di dominasi oleh sepeda motor. Maka anda perlu mempertimbangan barang bawaan dan harus mengorbankan barang – barang yang sedikit tidak penting.

Ingat safety riding di jalan.