Tips Liburan Yang Hemat Namun Tetap Menyenangkan

, , Comments Off on Tips Liburan Yang Hemat Namun Tetap Menyenangkan

Menjelang libur panjang yang akan tiba, anda dengan keluarga tidak ingin berdiam diri di rumah saja kan? Yuk rencanakan liburan bersama orang terdekat anda. Coba ajaklah orang tua anda, keluarga, sahabat, pacar, atau mantan sekalipun untuk liburan. Atau jika anda mau untuk mencoba berlibur sendiri dan anda bisa menemukan pengalaman yang baru dan unik. Namun jika anda mempermasalahkan biaya, anda tak usah khawatir lagi, karena saya akan memberikan beberapa tips untuk liburan yang hemat namun tetap menyenangkan dan pastinya bisa membuat pengalaman liburan yang baru nan tak terlupakan.

Mengapa selama liburan harus tetap mengutamakan berhemat? Karena jika tidak, kondisi keuangan anda akan amblas dan tidak terkontrol, dan ini berakibat kepada setelah lepas liburan yaitu anda kehabisan uang untuk sehari – hari. Karena uang anda habis untuk liburan. Maka dari itu diperlukan untuk berhemat selama liburan.

1. Memilih Tempat Tujuan Liburan

Tentunya jika anda akan berangkat untuk berlibur, pasti anda memiliki tujuan liburan mana yang akan di tujukan. anda harus mencari tahu tentang tempat tujuan liburan anda. Dengan membaca melalui halaman situs perjalanan di internet, brosur travel perjalanan, buku – buku tentang pariwisata, atau dari pengalaman teman anda. Anda juga harus mencari tahu informasi secara lengkap tentang berapa lama durasi liburan anda, jadi anda bisa menentukan berapa budget yang harus diperlukan atau dikeluarkan. Jika anda ingin berhematnya lebih, coba anda berlibur di sekitaran dalam kota atau tetap ke luar kota tapi yang dekat – dekat saja.

2. Reservasi Secara Online dan Jauh – Jauh Hari

Jika anda akan berlibur, lakukan hal yang seperti dilakukan oleh para traveller sejati. Yaitu melakukan reservasi secara online, dan jika bisa anda reservasinya pada jauh – jauh hari. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kenaikan harga saat waktu liburan telah tiba. Biasanya waktu libur telah tiba harga melonjak berkali – kali lipat dan sering kehabisan tiket atau tempat. Jika anda reservasi jauh – jauh hari anda akan mendapatkan diskon atau cashback. Coba juga lihat promo – promo yang ada di hotel atau tempat wisata, dan coba juga cari voucher penginapan yang bisa kasih cashback untuk anda.

3. Tetap Utamakan Kenyamanan

Bukan berarti yang namanya liburan hemat itu liburannya tidak bisa menikmati kenyamanan lebih. Tetap utamakanlah namanya kenyamanan, dan jangan sampai karena berhemat liburan anda tidak bisa menikmati kenyamanan. Maka dari itu mencari harga promo di hotel atau penginapan itu sangatlah penting buat anda, karena untuk kenyamanan namun tetap hemat. Lalu makan yang sedang promo atau baru launching, biasanya harga makanannya sedikit miring, ini bisa membuat anda untuk tetap berhemat. Lalu yang terakhir yaitu tiket tempat wisata, carilah harga waktu promo, hal ini di karenakan harganya jauh lebih murah dari harga normal.

4. Menentukan Waktu Liburan

Menentukan waktu liburan adalah salah satu aspek terpenting saat merencanakan liburan. Pada umumnya hotel atau penginapan dan tempat wisata memberikan harga jadi lebih murah saat low season. Jadi anda perlu mempersiapkan jatah untuk cuti terlebih dahulu untuk digunakan di kemudian hari. Low season maksudnya itu diluar waktu natal, tahun baru, hari raya, weekend, atau tanggal merah. Namun jika anda berkeinginan tetap berangkat berlibur saat high season, maka lakukan reservasi jauh – jauh hari dan menghindari lonjakan harga akibat liburan dan anda masih bisa tetap berhemat.

5. Membawa Uang Cash

Waktu liburan banyak sekali godaannya, seperti godaan terberat yaitu berbelanja atau shopping. Saat shopping banyak orang yang menggunakan gesek debit atau kredit dan ini berakibatkan pada keuangan anda bisa tidak bisa di atur dan amblas yang berujung hemat saat liburan jadi gagal. Jadi solusinya adalah anda waktu berbelanja gunakan uang cash, hal ini bertujuan agar keuangan anda bisa terhitung dan teratur pengeluaran nan bisa tetap berhemat selama liburan.