Tips Mudik Liburan Menggunakan Transportasi Udara

, , Comments Off on Tips Mudik Liburan Menggunakan Transportasi Udara

Mudik memang menjadi hal yang sangat di tunggu – tunggu bahkan di wajibkan di setiap tahun nya. Berbagai perusahaan, sekolah, universitas memang memberikan waktu libur diaat moment – moment tertentu seperti libur hari raya idul fitri, libur hari raya idul adha, libur akhir tahun dan sebagainya. Banyak orang akan mulai mudik sebelum waktu liburan tiba, jika kalian lebih memilih menggunakan pesawat terbang untuk mudik / liburan bersama keluarga, maka anda harus mempersiapkan nya dengan baik. Mulai dengan biaya, barang bawaan, sampai mempersiapkan tiket pesawat jauh – jauh hari. Hal ini bertujuan unutk mengantisipasi kepadatan penumpang pada saat musim mudik dan liburan. Nah, berikut ini kami akan memberi beberapa tips mudik liburan jika menggunakan pesawat terbang, catat dan pahami ya :

 

1. Datang ke Bandara Tepat Waktu

Nah, untuk tips pertama kalini tentunya jika kalian akan menggunakan transportasi pesawat, anda bisa pergi ke bandara ya, jangan sampai kalian ke terminal atau stasiun, hehehe. Cukup bercandanya. Hal yang harus diperhatikan adalah waktu ke bandara, pergi atau berangkat ke bandara selambat – lambatnya 2 jam sebelum kebernagkatan, karena mengantisipasi jika terjadi entri saat check in pada saat periode mudik ataupun libur panjang. Jadi usahakan persiapkan semalam sebelum bernagkat ke bandara ya.

 

2. Persiapkan Hal yang Penting

Jika anda memang mudik menggunakan transportasi udara, anda harus mempersiapkan barang – barang penting yang perlu anda bawa ketika akan naik pesawat. Contohnya tiket, boarding pass, dan jangan lupa untuk selalu membawa KTP atau kartu tanda pengenal lainnya ya, bila mungkin dibutuhkan untuk mencocokkan nama di tiket dan KTP.

Dan bila anda juga membawa serta barang berharga seperti HP, dompet, surat berharga atau barang – barang lainnya, sebaiknya anda menyimpannya di tempat yang aman ketika akan dibawa ke kabin.

 

3. Lakukan Check In dan Periksa Kembali Barang Bawaan

Untuk tips selanjutnya, anda harus melakukan hal ini, yaitu check ini dan periksa barang bawaan. Beberapa maskapai memang menyediakan fasilitas check ini lewat internet, namun kita harus memastikan lagi ketika di Bandara ya, dan kalau kita membawa barang bawaan / bagasi banyak tentunya harus check in bagasi terlebi dahulu. Pastikan kembali tiket dan kartu identitas anda. Dan cek barang bawaan juga, jangan membawa barang yang dilarang serta berat maksimum bagasi adalah 7 Kg. Alat elektronik seperti hp, alat musik, atau barang berharga lainnya boleh dibawa asal di packing rapi ke dalam bagasi dan bisa masuk ke kompartemen bagasi dengan lancar. Jangan sampai anda membawa benda tajam dan barang bahaya lainnya ya. Karena akan terdeteksi.

 

4. Simpan Resi Bagasi dan Cek Ulang Barang Anda

Tips yang terakhir memang kelihatan sepele, namun hal ini sangat prnting, yakni dengan menyimpan resi bagasi. Hal ini bertujuan untuk mengamankan anda jika sewaktu – waktu koper anda tertinggal atau tertukar oleh yang lain. Karena disaat musim mudik sangat rawan sekali untuk hilang dan tertukar oleh koper lainnya. Dan jangan lupa jika anda akan meninggalkan bandar udara, anda harus kembali mengecek ulang barang bawaan anda apakah sudah benar atau tertukar oleh yang lain dan jangan sampai ada yang tertinggal. Setelah semua lengkap baru anda bisa meninggalkan bandara dengan lega dan senang bisa selamat sampai tujuan dengan lancar tanpa kendala apapun. Jika ada kendala maka segera melapor kepada pihak berwajib / petugas yang ada di bandara.